Pages

06 April 2012

Kim Dotcom, Sosok di Balik Megaupload

  • i
CALIFORNIA - Ditutupnya Megaupload dan penangkapan pendirinya telah memusatkan perhatian pada Kim Dotcom atau juga dikenal sebagai Kim Schmitz. Pria 37 tahun ini dituduh telah melakukan tindakan pelanggaran hukum mengenai hak cipta, hingga akhirnya website berbagi file tersebut terpaksa ditutup.

Dilansir Telegraph, Sabtu (21/1/2012), ternyata kasus ini bukanlah pertama kali yang membuat dia harus berurusan dengan hukum. Schmitz, yang sering dicap sebagai 'hacker Jerman paling terkenal' ini juga pernah menembus sistem keamanan di bank-bank dan perusahaan utility.

Schmitz lalu muncul kembali sebagai pendiri Megaupload pada 2005, dengan memanfaatkan penurunan harga untuk penyimpanan data dan bandwitch internet, serta menawarkan pengguna 'loker internet' gratis, yang dapat digunakan untuk berbagi file melalui web.

Megaupload akhirnya menjadi layanan internet terkemuka. Imbasnya, Schmitz dikabarkan menjadi sosok yang tidak sukai oleh pemegang hak cipta.

Kesuksesan Megaupload, juga membuat Schmitz memanjakan dirinya dengan mobil-mobil mahal. Hal ini terlihat saat pihak berwenang menangkapnya dan menyita lebih dari 20 mobil, bahkan mansion-nya juga dilaporkan sebagai yang paling mahal di Selandia Baru.

Plat mobil yang dimilikinya juga cukup mengundang perhatian, seperti sebuah Rolls-Royce Phantom bertulis 'GOD', Mercedes-Benz bertulis 'HACKER' dan mobil lainnya yang juga ada label 'MAFIA'.

Penangkapan Schmitz ini menurut sebuah pernyataan dari Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS), merupakan salah satu kasus hak cipta terbesar yang dibawa ke ranah hukum oleh AS.

0 komentar:

Show Emoticons

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :q: :s:

Poskan Komentar