Pages

06 April 2012

Duckduckgo, Mesin Pencari Baru Siap Tantang Google

  • i
DuckDuckGo bukan nama baru dalam jajaran mesin penelusuran. Search engine ini telah hadir sejak tahun 2008 silam.
Perkembangan DuckDuckGo saat ini juga tak mengecewakan. Saat ini DuckDuckGo mampu melayani 1,5 juta pencarian per harinya.
Lantas bagaimana DuckDuckGo dalam sistem penelusurannya? DuckDuckGo mengumpulkan pelbagai hasil pencarian dari situs populer seperti Wikipedia dan Bing.
“Ada dua proyek yang kami kembangkan, programming dan speed. Dalam dua minggu kedepan DuckDuckGo akan melakukan pemutakhiran layanan,” ungkap Gabriel Weinberg, pendiri DuckDuckGo.
Ia melanjutkan, jika perubahan tersebut akan menciptakan persaman meski dari beberapa lokasi yang berbeda. Dan ini yang membedakan DuckDuckGo dengan mesin pencari lain.
DuckDuckGo mendapatkan pemasukan dari iklan. Seperti Google. Sebuah iklan akan dimunculkan di laman hasil penelusuran.
Iklan tersebut akan hadir sesuai dengan kata kunci yang dicari. Mirip dengan Google. Namun Google mencari informasi tambahan sesuai dengan iklan yang dituju.
Satu lagi DuckDuckGo tidak kolot soal masalah privasi. Ini sangat berbeda dengan Google yang begitu ketat dan bahkan kontroversial.
“Google mengumpulkan informasi pribadi. Ini berbeda dengan kami akan kebijakan privasi,” imbuh Gabriel Weinberg.
Sepertinya memang bukan mesin pencari sembarangan. Situs ini memiliki potensi di masa depan. Pada tahun 2011, DuckDuckGo diganjar Reader Choice Awards oleh About.com.
PCMag menangugerahi DuckDuckGo masuk dalam 100 situs terbaikdi tahun 2011. Dan Time mengganjar DuckDuckGo sebagai salah satu 50 website terbaik di tahun yang sama.

0 komentar:

Show Emoticons

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :q: :s:

Poskan Komentar