Pages

30 November 2009

Sejarah Komputer

  • i


Pada zaman dahulu, manusia telah melakukan proses berhitung. Dari zaman manusia purba untuk menghitung angka-angka masih menggunakan cara yang sangat sederhana yaitu dengan menggunakan jari-jari tangan atau batu, sehingga untuk penghitungan dengan taraf yang lebih besar mengalami hambatan.

Di daratan Cina pada 3000 tahun yang lalu telah ditemukannya alat untuk menghitung dengan nama Abacus (sempoa) yang terkenal hingga ke daratan Timur Tengah bahkan sampai ke daratan Eropa, dan alat ini masih digunakan hingga saat ini. Penggunaan Abacus ini sangat membantu manusia dalam penghitungan angka yang lebih besar dibandingkan menggunakan jari tangan atau batu. Namun penghitungan dengan Abacus masih dirasakan kurang oleh manusia.


Pada tahun 1617, John Napier dari Scotlandia menciptakan alat penghitungan untuk perkalian dengan menggunakan tabel bujur sangkar yang terdiri dari 9 baris dikali 9 kolom yang berisi angka 1 sampai 9 yang dikenal dengan Napier's Bones.

Pada tahun 1642, Blaise Pascal seorang ahli matematika menciptakan sebuah mesin hitung mekanis yang dikenal dengan Pascal's Arithmetic Machine. Mesin ini terdiri dari roda-roda yang masing-masing mempunyai 10 bagian yang berisi angka-angka dari 0 sampai 9 yang dihubungkan satu dengan lainnya, sehingga setiap satu putaran roda akan memutar roda disebelahnya sebesar 1 putaran.

Pada tahun 1674, Leibnitz dan Samuel Morland menciptakan mesin hitung yang dapat digunakan untuk perkalian dan pembagian. Alat ini dikenal dengan nama Leibnitz Calculation Machine. Pada tahun 1812, Charles Babbage menciptakan sebuah alat yang disebut dengan Babbage Calculation Machine. Mesin inilah sebagai dasar dari komputer yang kita kenal saat ini. Pada mesin ini telah diperkenalkan penyimpanan data hasil perkalian yang akan digunakan untuk operasi selanjutnya dan alat ini dapat menghitung logaritma dan trigonometri secara otomatis.

Pada tahun 1835, Lady Ada Augusta Lovelace dikenal sebagai programmer komputer pertama. Beliau bekerja pada Charles Babbage pada mesin Analytical Engine dan menjelaskan tentang fungsi-fungsi Loop dan fungsi-fungsi Subroutine.

Pada tahun 1890, Herman Hollerith dari Amerika Serikat menciptakan suatu mesin Punched Card Accounting yang menggunakan Punch Card sebagai media datanya. Dengan penemuan mesin ini Hollerith disebut sebagai Bapak Komputer Modern.

Komputer pertama yang menggunakan elektro mekanis dibuat pada 1944 oleh Howard Aiken yang bekerja sama denga IBM (International Business Machine) Corporation. Mesin ini dinamakan MARK I. Baru pada tahun 1946, dibuat komputer elektronis pertama di University of Pennsylvania yang diberi nama ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator).

Pada tahun 1950, Dr. John Von Nueman membuat komputer dengan nama EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer). Pada tahun 1949, tim dari Cambridge University membuat komputer dengan nama EDSAC (Electronic Delay Storage Automatic Computer). Komputer komersial pertama dijual oleh Sperry Rand Corporation pada tahun 1949 dengan nama UNIVAC I (Universal Automatic Computer).

Sejak tahun tersebut hingga sekarang perkembangan komputer telah begitu pesat. Dengan diketemukannya IC (Integrated Circuit) telah membuat komputer sekarang meninggalkan komputer yang lalu. Hingga kini telah banyak produsen komputer dari daratan Eropa, Amerika dan Asia, yaitu Jepang.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

brw...........
dari kemarin aku maw comment kok gak masuk2???
btwe....
it's nice post

yopy rinaldi mengatakan...

emg abg comment dmna??

bisa kok bg..
mgkin bg kurang beruntung ajj..

wkkkkk

n_n

Show Emoticons

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :q: :s:

Posting Komentar